- Karburator sering
kotor atau spuyer tersendat Dalam masalah ini berdampak langsung dengan laju
motor, motor dalam melaju tersendat- sendat atau motor malah sulit untuk hidup
terkadang pula busi sering mati terlihat dari ujung busi isolatornya
berwarna hitam kelang yang mengakibatkan hilang nya percikan api di busi
Penyelesaiannya
- Bersihkan tangki bahan bakar dari kotoran dan karat
- Periksa selang bensin dari kerak bahan bakar
- Bersihkan karburator menggunakan kompresor angin perikasa kembali lubang- lubang spuyer jangan sampai ada kotoran yang tertinggal, ketelitian di tuntut dalam hal ini
- Periksa ukuran lobang spuyer sudah pas belum jangan sampai kebesaran atau kekecilan. Bila kebesaran motor akan boros bahan bakar dan juga busi sering mati. Ukuran ubang spuyer berpatokan pada ukuran standar pabrik
- Setingan atau penyetelan jarum ideal harus pas menurut pengalaman saya caranya denmgan menyetel stasioner karbu pada stelan tertinggi, lalu putar jarum ideal menggunakan obeng kekanan stelah berhenti putaran jarum kendorkan kembali ke kiri perlahan-lahan sampai terdengar suara mesin di putaran ter tinggi,
- ii. PENGAPIAN
Permasalahan dalam pengpian juga akan berdampak langsung pada laju
motor atau motor tidak bisa hidup, susah starter motor biasanya kendala
pengapian berada pada stelan platina yang tidak benar, bisa juga salah satu perangkat
pengapian sperti Busi, Koil, Platina, Kondensor, Spul pengapian ada yang sudah
tidak layak pakai atau mati. penyelasaiannya:
Langkah pertama periksa warna ujung busi, bila berwarna hitam kelang busi tidak akan memercikan api solusinya stel ulang ukuran spuyer pilot jet dam main jet, beila warna ujung busi merah bata maka pariksa ke bagian yang pengapian yang lainnya. Koil yang layak pakai apabila kita konsletkan kabel busi dengan jarak ke massa mesin kira kira 8 mm masih terjadi loncatan api berwarna biru, bila tida berwarana biru di sini percikan atau laoncatan api berwarna merah ini berarti stelan platina tidak benar atau si koilnya yang memang sudah lemah, loncatan api dari koil dipengaruhi langsung oleh stelan platina, Penyetelan platina yang benar adalah berjarak kerenggangan antara konektor minus dan konektor plus nya kira-kira 0,5mm. dengan menggunakan obeng min, perlu di ingat penyetelannya jangan di ketok karna hal akan mepersingkat umur pakai platina karna entara konektor tidak lurus atau bengkok. Loncatan yang terjadi pada platina juga
berkaitan dengan kondisi kondensator Pemeriksaan kondensator amat lah mudah apa bila terjadi lancatan api di platina ini di karenakan kondensator anda sudah tidak layak pakai, ganti kondensor anda atau ada cara lain yaitu cangkok kondensor dengan kondensor lainnya atau sistem kondensatornya di double dengan ukuran kapasitas kondensor yang sama 2 farad, Yang terakhir adalah cek spul pengapian anda masih layak pakai atau harus di gani degngan yang baru, tanda spul pengapian rusak, biasanya kumparan spul lecet, gulungan spul kendor, spul putus.
Apabila semuanya stabil maka anda wajib memeriksa nap puur atau ketepatan pengapian tapi sebelumnya lihat dulu kondisi spi magnet patah atau tidak juga lihat kondisi rotor masih bagus atau sudah tidak, ukuran nap puur adalah 21 drajat sebelum titik mati poros atau kondisi pala seher di atas.
Langkah pertama periksa warna ujung busi, bila berwarna hitam kelang busi tidak akan memercikan api solusinya stel ulang ukuran spuyer pilot jet dam main jet, beila warna ujung busi merah bata maka pariksa ke bagian yang pengapian yang lainnya. Koil yang layak pakai apabila kita konsletkan kabel busi dengan jarak ke massa mesin kira kira 8 mm masih terjadi loncatan api berwarna biru, bila tida berwarana biru di sini percikan atau laoncatan api berwarna merah ini berarti stelan platina tidak benar atau si koilnya yang memang sudah lemah, loncatan api dari koil dipengaruhi langsung oleh stelan platina, Penyetelan platina yang benar adalah berjarak kerenggangan antara konektor minus dan konektor plus nya kira-kira 0,5mm. dengan menggunakan obeng min, perlu di ingat penyetelannya jangan di ketok karna hal akan mepersingkat umur pakai platina karna entara konektor tidak lurus atau bengkok. Loncatan yang terjadi pada platina juga
berkaitan dengan kondisi kondensator Pemeriksaan kondensator amat lah mudah apa bila terjadi lancatan api di platina ini di karenakan kondensator anda sudah tidak layak pakai, ganti kondensor anda atau ada cara lain yaitu cangkok kondensor dengan kondensor lainnya atau sistem kondensatornya di double dengan ukuran kapasitas kondensor yang sama 2 farad, Yang terakhir adalah cek spul pengapian anda masih layak pakai atau harus di gani degngan yang baru, tanda spul pengapian rusak, biasanya kumparan spul lecet, gulungan spul kendor, spul putus.
Apabila semuanya stabil maka anda wajib memeriksa nap puur atau ketepatan pengapian tapi sebelumnya lihat dulu kondisi spi magnet patah atau tidak juga lihat kondisi rotor masih bagus atau sudah tidak, ukuran nap puur adalah 21 drajat sebelum titik mati poros atau kondisi pala seher di atas.
- Motor tidak nyaman di kendarai atau goyang Dalam kondisi ini diluar dari pada mesin kecuali perangkat penunjang dan stabizer getaran atau karet mesin, masalah ini menyangkut kenyamannan kita dalam berkandara karna semua ini akan berdampak langsung dalam SAFETY REEDING keselamatan kita terancam bila hal ini di biarkan. Adapun panenggulangnganya sbb:
cek kondisi kelayakan ban dan pelek, bila ban
botak harus ganti kondisi pelek pun harus stabil jangan ada speleng atau goyang
Cek kondisi as ayun masih layak pakai atau tidak, biasanya dalam kondisi ini
pala babi depan akan goyang apa bilia as ayun rusak, semua itu berdampak
langsung pada sistem kendali kendaraan anda, Cek lassan bodi pada titik tumpu
seperti, DEK MOTOR, TULANG BUAYA, LUBANG AS MESIN, TUMPUAN SOK BLAKANG, DLL.
Bila terjadi keropokan pada bodi jangan biarkan hal itu berlarut karna akan
berakibat kerusakan bodi yang lebih fatal bahkan pernah terjadi notaor tiba
tiba patah. Cek kondisi STABIZER GETARAN atau karet-karet mesin dan shokbreker
juga MOUNTING sok blakang, bila terlihat sudah usang atau rusak harus
cepat-cepat di ganti. Cek SOKBREAKER, apa bila sok breker sudah lemah baik
pernya atau sok wajib untuk kita ganti, jangan lupa kondisi mur roda baik depan
maupun belakang dalam kondisi kencang dan terkunci paku pengunci. Jangan sekali
kali anda pertaruh kan nyawa anda hanya karena malas untuk memperbaikinya.
Bro, mau tanya.
ReplyDeleteKlo ngegas trus bunyinya "bok bok bok" itu kenapa? Tarikannya parah abis, dan bensinnya banyak kebuang. dah stel karbu sampe koprol g berubah. Dulu pernah diservis trus katanya harus bubut soalnya ada yang goyang. Setelah itu, koq g mau lari vespaku.
Tau solusinya ga? Rencana pingin bongkar mesin nih, tp cari info dulu.
Makasih sebelumnya bro