Seputar
Masalah Pada Motor Vespa dan Penyelesaiannya | Motor Vespa merupakan motor
lama, namun tidak kalah dengan motor yang ada saat ini.
Motor
yang berbentuk unik ini tidak lekang dimakan zaman.
Sering
kotor atau spuyer macet. Dalam masalah ini berdampak langsung dengan laju
motor, motor dalam melaju tersendat- sendat atau motor sulit untuk hidup,
terkadang pula busi sering mati terlihat dari ujung kepala busi isolatornya
berwarna hitam yang mengakibatkan hilang nya percikan api di busi. Solusi untuk
mengatasi permasalahan ini adalah sebagai berikut:
1. Bersihkan
tangki bahan bakar dari kotoran dan karat.
2. Periksa
selang bensin dari kerak yang menempel.
3. Bersihkan
karburator menggunakan kompresor angin dan periksa lubang spuyer jangan sampai
ada kotoran yang tertinggal.
4. Periksa
ukuran lubang spuyer, jangan sampai kebesaran atau kekecilan. Bila terlalu
besar motor akan boros bahan bakar dan berdampak pada matinya busi. Ukuran
standar pabrik dijadikan patokan untuk lubang spuyer.
5. Settingan
atau penyetelan jarum ideal harus pas, caranya dengan menyetel stasioner karbu
pada stelan tertinggi, lalu putar jarum ideal menggunakan obeng ke arah kanan
setelah putaran habis, kendorkan kembali jarum ke arah kiri perlahan-lahan
sampai terdengar suara mesin di putaran tertinggi,
Masalah
lain sering terdapat dalam pengapian, masalahnya akan terlihat pada laju motor
atau susah starter motor, biasanya kendala pengapian berada pada stelan platina
yang tidak benar, bisa juga salah satu perangkat pengapian seperti Busi, Koil,
Platina, Kondensor, Spul pengapian ada yang sudah tidak layak pakai atau mati. Solusinya untuk mengatasi permasalahan ini adalah sebagai berikut:
1. Langkah
pertama periksa warna ujung busi, bila berwarna hitam busi tidak akan
memercikan api solusinya setel ulang ukuran spuyer pilot jet dan main jet, bila
ujung busi berwarna merah bata maka periksa ke bagian pengapian yang lainnya.
Koil yang layak pakai apabila kita konsletkan kabel busi dengan jarak ke massa
mesin kira kira 8 mm masih terjadi loncatan api berwarna biru, bila tida
berwarana biru di sini percikan atau laoncatan api berwarna merah ini berarti
stelan platina tidak benar atau si koilnya yang memang sudah lemah, loncatan
api dari koil dipengaruhi langsung oleh stelan platina.
2. Penyetelan
platina yang benar adalah berjarak kerenggangan antara konektor minus dan
konektor plus nya kira-kira 0,5mm. dengan menggunakan obeng min, perlu di ingat
penyetelannya jangan di ketok karna hal akan mepersingkat umur pakai platina
karna entara konektor tidak lurus atau bengkok.
3. Loncatan
yang terjadi pada platina juga berkaitan dengan kondisi kondensator, periksa
kondensator, apabila rusak ganti kondensor anda. Yang terakhir adalah cek spul
pengapian masih layak pakai atau harus diganti yang baru, tanda spul pengapian
rusak, biasanya kumparan spul lecet, gulungan spul kendor, spul putus.
Dalam
kondisi ini diluar dari pada mesin kecuali perangkat penunjang dan stabizer
getaran atau karet mesin, masalah ini menyangkut kenyamannan kita dalam
berkandara karna semua ini akan berdampak langsung dalam SAFETY REEDING
keselamatan kita terancam bila hal ini di biarkan. Adapun penanggulannya adalah
sebagai berikut:
1. cek
kondisi kelayakan ban dan pelek, bila ban botak harus ganti kondisi pelek pun
harus stabil jangan ada speleng atau goyang
2. Cek
kondisi as ayun masih layak pakai atau tidak, biasanya dalam kondisi ini pala
babi depan akan goyang apa bilia as ayun rusak, semua itu berdampak langsung
pada sistem kendali kendaraan anda
3. Cek
lassan bodi pada titik tumpu seperti, dek motor, tulang buaya, Lubang As Mesin,
Tumpuan Sok belakang dan lain - lain. Bila terjadi keropos pada bodi jangan
biarkan hal itu berlarut karna akan berakibat kerusakan bodi yang lebih fatal
bahkan pernah terjadi motor tiba tiba patah.
4. Cek
kondisi stabilizer getaran atau karet-karet mesin dan shockbreaker juga
mounting shock belakang, bila terlihat sudah usang atau rusak harus cepat-cepat
di ganti.
5. Cek
shockbreaker, apa bila shock breaker sudah lemah baik pernya atau shock wajib
untuk kita ganti, jangan lupa kondisi mur roda baik depan maupun belakang dalam
kondisi kencang dan terkunci paku pengunci. Jangan sekali kali anda pertaruh
kan nyawa anda hanya karena malas untuk memperbaikinya.
Demikianlah
artikel kali ini mengenai "Permaslaahan pada Motor Vespa dan
Penyelesaiannya" Semoga bermanfaat buat kalian para pecinta motor Vespa.
No comments :
Post a Comment