Monday, 16 March 2015

permasalahan vespa

Permasalahan pada vespa pada umumnya
Seputar Masalah Pada Motor Vespa dan Penyelesaiannya | Motor Vespa merupakan motor lama, namun tidak kalah dengan motor yang ada saat ini.

Motor yang berbentuk unik ini tidak lekang dimakan zaman.

Berikut adalah permasalahan - permasalahan yang di temui di motor vespa tersebut dan berikut penyelesaiannya

Sering kotor atau spuyer macet. Dalam masalah ini berdampak langsung dengan laju motor, motor dalam melaju tersendat- sendat atau motor sulit untuk hidup, terkadang pula busi sering mati terlihat dari ujung kepala busi isolatornya berwarna hitam yang mengakibatkan hilang nya percikan api di busi. Solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah sebagai berikut:
1.   Bersihkan tangki bahan bakar dari kotoran dan karat.
2.   Periksa selang bensin dari kerak yang menempel.
3.  Bersihkan karburator menggunakan kompresor angin dan periksa lubang spuyer jangan sampai ada kotoran yang tertinggal.
4.  Periksa ukuran lubang spuyer, jangan sampai kebesaran atau kekecilan. Bila terlalu besar motor akan boros bahan bakar dan berdampak pada matinya busi. Ukuran standar pabrik dijadikan patokan untuk lubang spuyer.
5.  Settingan atau penyetelan jarum ideal harus pas, caranya dengan menyetel stasioner karbu pada stelan tertinggi, lalu putar jarum ideal menggunakan obeng ke arah kanan setelah putaran habis, kendorkan kembali jarum ke arah kiri perlahan-lahan sampai terdengar suara mesin di putaran tertinggi,


Masalah lain sering terdapat dalam pengapian, masalahnya akan terlihat pada laju motor atau susah starter motor, biasanya kendala pengapian berada pada stelan platina yang tidak benar, bisa juga salah satu perangkat pengapian seperti Busi, Koil, Platina, Kondensor, Spul pengapian ada yang sudah tidak layak pakai atau mati. Solusinya untuk mengatasi permasalahan ini adalah sebagai berikut:


1.  Langkah pertama periksa warna ujung busi, bila berwarna hitam busi tidak akan memercikan api solusinya setel ulang ukuran spuyer pilot jet dan main jet, bila ujung busi berwarna merah bata maka periksa ke bagian pengapian yang lainnya. Koil yang layak pakai apabila kita konsletkan kabel busi dengan jarak ke massa mesin kira kira 8 mm masih terjadi loncatan api berwarna biru, bila tida berwarana biru di sini percikan atau laoncatan api berwarna merah ini berarti stelan platina tidak benar atau si koilnya yang memang sudah lemah, loncatan api dari koil dipengaruhi langsung oleh stelan platina.
2.  Penyetelan platina yang benar adalah berjarak kerenggangan antara konektor minus dan konektor plus nya kira-kira 0,5mm. dengan menggunakan obeng min, perlu di ingat penyetelannya jangan di ketok karna hal akan mepersingkat umur pakai platina karna entara konektor tidak lurus atau bengkok.
3.  Loncatan yang terjadi pada platina juga berkaitan dengan kondisi kondensator, periksa kondensator, apabila rusak ganti kondensor anda. Yang terakhir adalah cek spul pengapian masih layak pakai atau harus diganti yang baru, tanda spul pengapian rusak, biasanya kumparan spul lecet, gulungan spul kendor, spul putus.

Dalam kondisi ini diluar dari pada mesin kecuali perangkat penunjang dan stabizer getaran atau karet mesin, masalah ini menyangkut kenyamannan kita dalam berkandara karna semua ini akan berdampak langsung dalam SAFETY REEDING keselamatan kita terancam bila hal ini di biarkan. Adapun penanggulannya adalah sebagai berikut:

1.   cek kondisi kelayakan ban dan pelek, bila ban botak harus ganti kondisi pelek pun harus stabil jangan ada speleng atau goyang
2.  Cek kondisi as ayun masih layak pakai atau tidak, biasanya dalam kondisi ini pala babi depan akan goyang apa bilia as ayun rusak, semua itu berdampak langsung pada sistem kendali kendaraan anda
3.  Cek lassan bodi pada titik tumpu seperti, dek motor, tulang buaya, Lubang As Mesin, Tumpuan Sok belakang dan lain - lain. Bila terjadi keropos pada bodi jangan biarkan hal itu berlarut karna akan berakibat kerusakan bodi yang lebih fatal bahkan pernah terjadi motor tiba tiba patah.
4.   Cek kondisi stabilizer getaran atau karet-karet mesin dan shockbreaker juga mounting shock belakang, bila terlihat sudah usang atau rusak harus cepat-cepat di ganti.
5.   Cek shockbreaker, apa bila shock breaker sudah lemah baik pernya atau shock wajib untuk kita ganti, jangan lupa kondisi mur roda baik depan maupun belakang dalam kondisi kencang dan terkunci paku pengunci. Jangan sekali kali anda pertaruh kan nyawa anda hanya karena malas untuk memperbaikinya.
Demikianlah artikel kali ini mengenai "Permaslaahan pada Motor Vespa dan Penyelesaiannya" Semoga bermanfaat buat kalian para pecinta motor Vespa.


No comments :

Post a Comment